Capirossi Pensiun Akhir Musim Ini


Setelah lebih dari 20 tahun berkarier di kompetisi balap motor, Loris Capirossi akhirnya mengumumkan waktu pensiunnya. Capirex akan mundur dari trek pada akhir musim ini.

Pembalap Italia berusia 38 tahun itu memberikan pengumuman tersebut di sela-sela persiapannya jelang MotoGP San Marino. Dengan mata berkaca-kaca, dia berbicara di depan media.

"Sulit bagi saya untuk mengatakan hal ini, karena setelah 22 musim, ini akan jadi balapan terakhir saya di Italia karena pada akhir musim ini, saya akan pensiun," terang Capirossi

"Ini bukan keputusan mudah, tapi saya pikir ini waktu yang tepat untuk berhenti. Saya bilang ke diri saya sendiri 'ya, tidak, ya, tidak' berulang kali. Tapi, ini adalah keputusan yang tepat," tambahnya.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang mendukung saya. Saya selalu berusaha melakukan yang terbaik dan saya punya waktu yang fantastis," kata rider Pramac Racing ini.

Capirossi memulai kariernya di balap motor grand prix pada tahun 1990. Pada musim perdananya, dia yang masih berusia 17 tahun jadi juara dunia kelas 125cc bersama Honda. Tahun berikutnya, dia mempertahankan gelarnya.

Tahun 1992, dia naik level ke kelas 250cc. Setelah melewati tiga tahun yang cukup sukses di kelas ini, dia dipromosikan ke kelas 500cc pada tahun 1995.

Karena kurang bersinar di kelas 500cc, dia kembali ke kelas 250cc pada tahun 1997. Setahun berselang, dia merebut gelar juara dunia bersama Aprilia.

Tahun 2000, pria kelahiran Bologna ini kembali naik ke kelas primer dan memperkuat Honda. Sejak saat itu, dia membangun reputasi sebagai salah satu rider yang diperhitungkan.

Di kelas primer, Capirossi tercatat pernah memperkuat Honda, Ducati, Suzuki, dan Pramac Racing. Prestasi terbaik dia capai pada tahun 2001 dan 2006, di mana dia menempati peringkat ketiga di klasemen akhir