Raih Kemenangan Ketujuh, Stoner Makin Kokoh


Casey Stoner semakin mengukuhkan posisinya di puncak klasemen MotoGP dan terus menjauh dari kejaran Jorge Lorenzo. Pembalap Honda itu memenangi balapan ketujuhnya musim ini di Sirkuit Indianapolis.

Pedrosa langsung menyodok ke posisi terdepan sesaat setelah start. Dapat posisi keempat dikualifikasi, dia menyalip Stoner, Ben Spies dan Jorge Lorenzo yang berada di depannya untuk bisa memimpin saat masuk di tikungan pertama.

Selepas lap pertama Pedrosa berada di posisi terdepan diikuti Lorenzo di posisi dua dan Stoner di urutan tiga.

Pada lap kedua Marco Simoncelli mengambil alih posisi empat dari Nicky Hayden. Memasuki lap ketiga Stoner memanfaatkan keunggulan motornya untuk menyalip Lorenzo untuk merebut posisi dua. Kini pembalap asal australia itu menguntit Pedrosa.

Turun ke posisi tiga, Lorenzo langsung dapat tekanan dari Marco Simoncelli. Di lap keempat keduanya terlibat persaingan sengit. Sementara pada perebutan posisi lima, Andrea Dovizioso juga harus berjuang menghindari tekanan Nicky Hayden.

Hayden tak perlu menunggu lama untuk naik ke posisi lima karena di lap lima dia berhasil menyalip Dovi. Di putaran yang sama Simoncelli berhasil mendahului Lorenzo, meski tak sampai satu lap sang juara dunia berhasil merebut kembali posisinya.

Sementara itu di posisi terdepan Pedrosa masih memimpin dengan dapat kawalan ketat dari Stoner. Perubahan posisi akhirnya terjadi di awal lap delapan, saat Stoner berhasil mendahului rekan setimnya itu di lintasan start/finis.

Melesat ke posisi terdepan, Stoner langsung melebarkan jarak dengan Pedrosa. Sementara pertarungan sengit terjadi di barisan tengah yang diikuti Hayden, Dovizioso dan Ben Spies untuk memperebutkan posisi lima.

Sepuluh lap balapan berlangsung, nasib buruk menghampiri Valentino Rossi saat motornya terlihat bermasalah. The Doctor kemudian masuk ke pit mengganti tunggangan. Sementara itu Dovizioso berhasil merebut posisi lima dari tangan Hayden, si pembalap Amerika Serikat itu kemudian malah turun ke urutan tujuh karena di disalip Spies.

Sebelas lap berlangsung keunggulan Stoner semakin menjadi-jadi. Dia malah mencatatkan rekor fastest lap terbaru mematahkan catatan sebelumnya yang diukir Lorenzo dua tahun lalu. Posisi enam pembalap terdepan diisi Stoner, Pedrosa, Lorenzo, Simoncelli, Dovizioso, Spies dan Hayden.

Memasuki lap 15 Spies yang sudah naik ke posisi empat memberikan tekanan hebat buat Lorenzo di posisi tiga. Tiga lap berselang Spies akhirnya bisa menyalip rekan setimnya itu di sebuah jalur lurus untuk mengamankan urutan tiga.

Balapan di Indianapolis benar-benar menjadi bencana buat Ducati. Saat tinggal menyisakan tiga lap lagi gantian Hayden yang harus masuk pit. Ducati tunggangannya terlihat bermasalah.

Tak ada perubahan terjadi di posisi tiga besar hingga balapan akhirnya tuntas. Stoner meraih kemenangan ketujuhnya musim ini dengan diikuti Pedrosa di posisi dua dan Spies di podium ketiga.