Ganti Bushing Swing Arm Usir Oleng


Buritan sliding saat nikung atau oleng ketika melibas pembatas jalur bukan cuma ulah dudukan sokbreker, jari-jari kendur dan laher oblak. Bushing arm rusak dan empuk juga bikin motor goyang dombret.

Umumnya akibat usia pakai. Apalagi kalau as arm jarang dicek. Makanya karet peredam sekaligus penstabil sasis motor gampang kalah. Dan untuk mengatasinya, kedua bhusing dudukan poros arm segera diganti baru.

Perlu teknik khusus birar tidak meng- akibatkan kerusakan pada duduka. Namun sebelum dibongkar, jangan lupa beli bushing dulu, ya! Tentu di toko onderil atau bengkel resmi, bukan di apotik.? Beli sesuai merek motor.

Baiknya gunakan alat berbentuk bundar seukuran diameter luar bushing. Misal pipa besi atau kunci sok yang punya ukuran sama. Lalu ditekan pukulan martil, hingga bushing keluar dari sangkar.

Kalau keduanya sudah keluar. Sekarang giliran pemasangan bushing baru. Yang ini kalau bisa jangan dipukul pakai palu. Tapi ditekan perlahan dengan bantuan catok alias ragum. Biar masuknya lancar, bagian luar bushing dan rumah dilumasi gemuk alias grease.