Suzuki Sixteen, Skuter Elegan Dengan Roda 16 Inci




Selain Suzuki Sixteen dan SYM Shark, model mirip-mirip juga diadopsi oleh Honda SH150i atau Piaggio Beverly. Sepertinya, desain seperti ini menawarkan kenyamanan lebih berkat roda besarnya. Lubang dan jalan bergelombang jadi lebih teredam.

Kembali ke Suzuki Sixteen. Di Italia dijual dalam dua pilihan mesin, yaitu 125cc dan 150cc. Beda kapasitas mesin tentunya beda juga tenaga yang dihasilkan keduanya. Yang 125 cc punya tenaga 9,6 kW sedang yang 150cc lebih besar dengan 11,2 kW.

Dari data spesifikasi, keduanya hanya berbeda pada diameter piston. Sedang stroke-nya sama. Meski beda kepasitas mesin, secara dimensi tak ada yang berbeda.

Bentuknya juga sama persis, tampil lebih elegan ketimbang skubek Suzuki berkaki 16 inci yang sudah beredar di Indonesia seperti Suzuki Skywave atau Hayate 125.

Suzuki Sixteen ini punya jok lebar dan tebal tapi rendah. Tinggi joknya ke aspal hanya 800 mm, memastikan kaki lebih mudah menapak ke tanah. Suspensi belakangnya ganda menjanjikan stabilitas dipadu ban gendut berukuran 100/80-16M di depan dan 120/80-16 di belakang