Skubek Pakai Oli Gir Non Pabrik? Boleh Asal Spesifikasinya Sesuai



Beragam pelumas gir skubek yang ada di pasaran. Semua produsen skubek sudah mengeluarkan spesial pelumas sproket. Suzuki mengeluarkan Suzuki Genuine Oil (SGO)-Trasmission Oil, Yamalube-Gear Oil, dan AHM Oil-Gear Oil. Ada juga di luar pelumas resmi pabrikan kayak Federal Oil Gear, Top One Gear Oil dan Liger Gear Oil.

Tapi, ada pilihan seandainya mendadak dan susah mencari pelumas khusus gir oli. “Prinsipnya sih oli gir sproket punya kesamaan dengan pelumas mesin. Sebelum banyak merek oli gir banyak tuh pemilik skubek yang pakai oli mesin. Tapi, oli mesin baru lho.

Itu, kan dulu. Sekarang alternatifnya sudah banyak selain keluaran produsen skubek sendiri. Rata-rata volumenya punya kesama 100 ml. “Cuma AHM Oil saja yang 120 ml, merek lain 100 ml,”.

Rata-rata pelumas gir dijual dengan banderol yang dari Rp 10 ribu sampai Rp 20 ribu. Tapi, patokan harga akan berbeda dengan tipe oli mesin yang sama antara bengkel umum, pedagang grosir oli dan bengkel resmi. Tinggal cek deh di mana yang menawarkan oli gir dengan harga terjangkau.

“Silakan pakai yang lain asal spesifikasinya sesuai dengan yang direkomendasi,” ungkap Wedijanto. “Seandainya enggak sesuai spek dikhawatirkan ada masalah. Bisa gugur garansi kalau ketahuan pakai spesifikasi enggak sesuai rekomendasi,”
Jadi, ada pilihan selain pelumas gir yang dikeluarkan langsung dari produsen dan tersedia juga after market. Tinggal dipilih deh.

Dipilih-dipilih-dipilih....