Pen Per Kopling Otomatis Lemah? Kanibal Per Korek Api Lawas!




Motor susah hidup saat tombol motor starter atau, salah satu sebabnya adalah tidak maksimalnya poros kruk-as dipelintir. Sehingga terjadi gejala selip dan susah diajak berputar lebih cepat.

Inti dari persoalan ini, biasanya efek kampas kopling sudah tipis (aus) atau terjadi masalah pada kopling otomatis seperti terjadi di Yamaha Vega R. Kebetulan part itu tepat berada di tengah lingkar dalam rumah kopling sentrifugal.

“Kampas tipis kadang masih suka nyangkut. Kalau kopling otomatis, jika salah satu pegas penekan pen sudah lemah, peranti ini tidak dapat mengunci poros kruk-as agar dapat menggerakkan seher atau piston. Motor pun sulit hidup..

Untuk atasi masalah itu, biasanya part seperti ini harus ganti semua. Tapi, kalau cuma satu pegas yang lemah, atasi saja pakai per batu korek api yang punya diameter dan jarak ulir sama dengan aslinya.

“Contoh paling dekat pegas penekan batu korek api model lama, atau yang pakai kapas. Kalau per korek gas terlalu kecil diameternya. Punya pulpen masih terlalu lemas daya tekannya,”.

Cara pasangnya sama seperti biasa. Cuma biar kerjanya rata, potong pegas seukuran pegas yang masih tinggi atau pakai yang versi standart.