Motor 1.000cc di Mata Rossi dan Stoner



Dengan tenaga besar yang dimilikinya, motor 1.000cc bisa melaju lebih kencang di atas trek. Bagi Valentino Rossi dan Casey Stoner, hal ini bukanlah sesuatu yang perlu ditakutkan.

Mulai musim depan, akan ada perubahan regulasi di kompetisi MotoGP. Motor 800cc tak akan lagi dipakai dan sebagai gantinya, dipakailah motor berkapasitas lebih besar, yakni 1.000cc.

Motor 1.000 cc ini kabarnya bisa digeber hingga kecepatan 350km/jam di sirkuit-sirkuit yang punya trek lurus panjang seperti Qatar, Mugello, dan Catalunya.

Rossi mengakui bahwa motor Ducati 1.000cc yang sudah dijajalnya, Desmosedici GP12, memang sangat cepat. Namun, dia tak melihat hal itu akan membahayakan keselamatan pembalap.

"Itu benar-benar cepat. Saat saya mencobanya di Mugello, saat tiba di ujung lintasan lurus saya tertawa," ucap Rossi kepada MCN.

"Ini sangat cepat, tapi tak masalah. Mungkin kami mendekati batas pada kecepatan 350 km/jam, tapi tidak banyak yang berubah. Yang berubah adalah akselerasi dari tikungam," sambungnya.

Pernyataan serupa diungkapkan oleh Stoner. Rider Repsol Honda ini tak sepakat dengan pendapat yang menyebutkan bahwa kapasitas mesin yang lebih besar akan membahayakan pembalap.

"Ada teori pada masa lalu yang menyebutkan bahwa kecepatan yang terlalu tinggi akan terlalu berbahaya. Itu tidak benar," kata Stoner.

"Dengan 800cc, faktanya justru lebih berbahaya kalau menabrak dinding pembatas dibandingkan dengan 1.000cc. Dengan kecepatan lebih tinggi, Anda harus mengerem lebih awal dan saya pikir itu sudah pasti tidak lebih berbahaya," tegasnya.