Setting Combi Brake Vario CBS Techno





Lahir dari pabrik; PT Astra Honda Motor (AHM), Honda Vario CBS Techno sudah dibekali combi brake system (CBS) guna menjamin keamanan dan kenyamanan dalam sistem pengereman.

Meski teknologi ini baru pertama kali ada di sepeda motor (khususnya di Indonesia), enggak sedikit motor mania yang sudah tahu prinsip kerjanya. Yakni saat tuas rem sebelah kiri ditarik, rem belakang dan depan secara bersamaan bekerja.

Tapi, meskipun bawaan pabrik sudah disetting sedemikian rupa sehingga rem belakang lebih pakem dibanding rem depan, ada beberapa rider yang merasa rem depannya kurang pakem saat keduanya bekerja bersamaan. Lho?
Nah, solusinya ada beberapa Vario Techno-mania yang mengubah sendiri setelan connecting cable-nya (CB) yang berada di dalam batok, bawah spidometer, sesuai keinginannya.

Cuma modal 3 kunci, yakni obeng kembang dan kunci pas 10 dan 12. Setelan bisa diatur sesuai selera,”
Mau tahu lebih detailnya? Berikut langkah-langkahnya.

Pertama, buka batok depan dengan cara melepas semua baut pengikatnya menggunakan obeng kembang (gbr.1). Setelah batok terbuka, akan terlihat rangkaian CB yang berada di setang bagian kanan, persis di bawah master rem (gbr.2).

Lalu, kendurkan baut pengunci CB menggunakan kunci pas 12 (gbr.3) ke arah berlawanan jarum jam. Kemudian atur/setel ketegangan CB dengan cara memutar mur-nya menggunakan kunci pas 10 (gbr.4). Diputar searah jarum jam atau sebaliknya.

“Kalau mur diputar ke atas (searah jarum jam), berarti ketegangan kabel berkurang, sehingga saat tuas rem kanan ditarik, pengereman roda depannya berkurang. Sebaliknya jika mur diputar ke bawah, maka ketegangan kabel akan bertambah, sehingga saat tuas rem kanan ditarik pengereman depan lebih pakem,”
Nah setelah disetel, coba dulu apakah pengaturannya sudah pas/sesuai keinginan atau belum. Kalau sudah pas, baru mengencangkan kembali mur pengunci CB dan merakit kembali peranti yang dilepas, kebalikan saat membongkarnya.