Manfaat Sekring, Penyelamat Dari Kebakaran!






Sekring itu penyelamat. Penyelamat dari kebakaran akibat terjadi hubungan arus pendek pada kabel. Makanya sistem kelistrikan di motor merek apapun, pastinya layak mengandalkan komponen ini.

Kenapa begitu? Iya dong, sekring atau fuse berfungsi sebagai pengaman ketika kabel korslet atau terjadi hubungan arus pendek antara kabel positif dan negatif aki. Apalagi kalau ada part kelistrikan yang short. Sekring duluan yang memutus arus secara otomatis agar kebakaran dapat terhindar.

Korslet terjadi kapan saja. Baik saat sedang bongkar kabel, ada kabel positif terjepit massa, korslet pada terminal atau ada air menyusup di sela slonsong kabel. Semua itu dapat sebabkan setrum positif terhubung ke massa bodi.

Tapi, penting di sini, sekring ada ukuran ampere-nya. Untuk sekring motor, biasanya pakai 10A (ampere) yang dipasang tepat di dekat aki. Jika lebih, pada saat korslet sekring tidak mampu memutus arus berlebihan. Yang ada, kabel hangus.

Kenapa begitu, hal ini lantaran pabrik pembuat sekring sudah menentukan dan mengukur batas arus maksimal yang layak dialiri setrum. Kalau ukuran lebih besar, kawat halus di dalam sekring dapat dipasti tidak mau putus jika terjadi korslet