Kawasaki KSR 110, Bukan Mainan Bocah!





Dijual dengan harga Rp 20,8 juta, pasti banyak yang bertanya. Apa sih kerennya Kawasaki KSR 110? Bentuknya kecil kayak mainan, tapi dibanderol lumayan mahal. Ayo kita tengok kehebatannya!

Pertama mari lihat desainnya. Kawasaki KSR 110 ini adalah versi terkini yang dikeluarkan Kawasaki. Generasi terakhir ini punya sepatbor depan dan cover headlamp lebih kokoh. Pembeda berikutnya ada pada desain knalpotnya yang kotak.

Sedang lainnya masih sama seperti dulu, bergaya supermoto tapi super mungil. Desainnya yang sangat berbeda ini jadi jaminan jadi pusat perhatian selama di jalanan!

Mesinnya pakai satu silinder tidur layaknya bebek. Kapasitas mesinnya 111cc dengan konfigurasi bore 53 mm x stroke 50,6 mm. Kawasaki mengklaim powernya mencapai 8,5 hp di 8.000 rpm dan torsi mencapai 8.6 Nm di 6.000 rpm.

Mesin bertenaga ini juga sudah dilengkapi dengan filter oli yang dipasang tepat di bawah mesin agak ke kiri. Sehingga oli mesinnya harus 1 liter.
Yuk dicoba, mesin menyala suaranya halus. Asiknya enggak perlu pakai kopling, memang motor untuk senang-senang nih! Tapi jangan sampai salah memasukan gigi-nya. Memasukan gigi transmisi 4 kecepatannya harus dicongkel ke atas. Sedang untuk mengurangi diijak ke bawah.

Tenaganya lumayan responsif untuk ukuran motor sekecil ini. Bahkan saat digeber, gigi satunya saja tembus 40 km/jam. Sedang top speed-nya mencapai 100 km/jam. Kenceng juga, artinya bukan mainan bocah!
Bagaimana dengan handling? Suspensi up side down di depan dan monoshock di belakang menjadi jaminan. Apalagi ground clereance tinggi dan wheel base yang pendek membuatnya mudah berkelok, lincah abis. Meski lincah, urusan stabilitas tetap bisa diandalkan. Roda tebal berdiameter 12 inci cukup nyaman saat menikung.

Minim Fitur

Sayangnya, panel indikator sangat minimalis. Hanya ada speedometer, indikator sein, gigi netral dan lampu jauh. Minus indikator tanki bahan bakar dan indikator gigi. Harus rajin ngintip ke dalam tanki nih.

KSR 110 juga tidak dilengkapi dengan elektrik starter, tapi tenang engkolnya ringan kok. Selain itu, enggak ada foot step untuk boncenger, artinya ini motor hanya untuk sendirian.